Senin, 29 Agustus 2011


Prabu Bathoro Katong
Penerus Kerajaan Majapahit

Oleh RM Arjuna Nusantara, Spritualis asal Ponorogo

Putra Prabu Brawijaya V dengan putri dari Begelan yang melahirkan dua putra yaitu Lembu Kenongo atau Jaran Panoleh yang menjadi Adipati Madura dan adiknya Lembu Kanigoro atau Raden Katong, dan setelah babad keraton di Ponorogo yang dapat menyatukan 4 kerajaan kecil sebelumnya akhirnya menjadi raja pertama Kerajaan Pramonorogo dengan gelar Prabu Bathoro Katong, dengan mengunakan agama Islam Jawa atau Islam Kalijogo.

Jadi menurut saya awal keruntuhan Majapahit pada tahun itu sejak masuknya agama baru yaitu Syareat Islam  yang dibawa para Wali dari Zazirah Arab, sejak itu Prabu Brawijaya dikejar kejar  sampai terakhir di gunung Lawu dan Prabu Bathoro Kathong yang masa kecilnya di Demak diikutkan  Raden Patah yang merupakan putra Prabu Brawijaya dengan putri Cina, yang masa kecilnya di Palembang waktu itu yang menjadi Raja adalah Prabu Arya Dammar.

Oleh karena itu kerajaan Pramonorogo yang dipimpinnya yang sekarang jadi Kabupaten Ponorogo, sebenarnya dulu wilayahnya mencapai kabupaten Magetan, Ngawi,Trenggalek, dan Pacitan pada  tahun 1484. Sedang tahun 1400 itu merupakan awal keruntuhan Majapahit.

Oleh karena itu maka kami menyatakan bahwa Prabu Bathoro Katong adalah penerus kerajaan Majapahit . dan hubungannya dengan Sriwijaya adalah bahwa Prabu Brawijaya Lima dengan istri yang kedua melahirkan seorang putri dan menjadi ratu di Palembang dengan gelar Sriwijaya. Ponorogo dan Palembang tidak dapat dipisahkan bila memahami semua dari satu sumber tiada lain dari Prabu Brawijaya Lima.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar